Rabu, Februari 18, 2009

Tips Menabung

Berikut ini tips sederhana supaya sukses menabung dan jadi orang kaya :

1. Buatlah anggaran bulanan. Kenapa bulanan? Supaya sedari awal kita sudah memastikan kalau setiap pengeluaran sudah ada alokasi dananya dan disisihkan sedini mungkin. Jangan sampe baju borong di awal bulan eh akhir bulan listrik biarpet karena belum bayar :) Yang paling penting, uang buat ditabung juga udah dianggarkan dan jangan diotak-atik lagi :)

2. Jangan ragu membuka rekening khusus untuk menabung. Wah repot dong ya? Justru kalau tidak dipisah bakalan lebih repot lagi! Uang buat belanja dan menabung kalau jadi satu pasti kesedot semua buat belanja. Dijamin!

3. Tetapkan mile stone atau tujuan berjangka mengapa kamu menabung. Bisanya setiap orang punya target "Ah tahun depan pingin punya mobil, dua tahun lagi bikin rumah, tiga tahun lagi numpuk dah tuh kredit...just kidding :) " Yang pasti, memang sebaiknya ditetapkan seperti itu supaya dapat dicapai dengan bertahap dan kita lebih disiplin dalam menggunakan uang.

4. Tetapkan presentase menabung. Biasanya pakar perencana keuangan menyarankan minimum 10% dari pendapatan disisihkan untuk menabung. Nah kalau keinginannya banyak dan mahal-mahal, coba tetapin 50% aja...ditanggung rajin puasa Senin-Kamisnya :)

5. Disiplin...disiplin...dan disiplin! Kalau sudah nyusun anggaran, buka rekening khusus. menetapkan target jangka panjang dan pendek, kukuh 50% pendapatan ditabung, tapi ga disiplin ... podo ae alias sami mawon :) Berusahalah untuk tetap komitmen dengan tujuan awal kamu menabung dan disiplin dalam menjalankannya. Bayangkan apa yang akan kamu dapatkan atas pengorbanan kamu dalam menyisihkan pendapatan tiap bulannya.

Tidak ada komentar: